Flyer Pertemuan ke-5 KBMN gelombang 28
Judul : Blog sebagai Media Pembelajaran
Resume ke : 5
Gelombang : 28
Tanggal : 18 Januari 2023
Tema : "Pembelajaran dengan media blog"
Narasumber : Dail Ma'ruf, S.Pd.
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd.
Media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen pendukung dalam proses pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Secara sederhana media kerap diartikan sebagai alat atau cara yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembekajaran yang diharapkan. Media dengan demikian, bukan saja bersifat kebendaan tetapi juga menyangkut cara yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.
Penggunaan media dalam pembelajaran bertujuan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan harapan situasi belajar lebih menarik dan menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran juga bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna.
Media pembelajaran dapat berupa gambar, model, atau audio. Perkembangan teknologi saat ini, terutama teknologi digital, telah memungkinkan penggunaan media pembelajaran yang lebih luas dan tidak terbatas. Kehadiran internet dengan berbagai aplikasi yang tersedia membuat setiap orang dapat belajar di mana saja dan kapan saja.
Blog merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.
Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Blog atau weblog website atau jurnal online yang berisi informasi berbentuk tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Konten atau postingan pada sebuah blog seringkali diperbaharui secara berkala. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan minat dari blog tersebut.
Blog secara umum bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.
Blog memiliki desain dan struktur yang sangat sederhana. Di sisi atas terdapat header (bagian kepala) yang memiliki menu dan bar navigasi.
Untuk menulis, menampilkan gambar, blog dilengkapi dengan bodi (badan sebuah blog). Di sinilah konten sebuah blog ditayangkan.
Badan blog merupakan komponen utama. pada bagian inilah blogger dapat menuangkan ide berupa teks, gambar, atau menyisipkan link yang memuat sumber tulisan yang berassal dari laman lain, atau tautan video seperti youtube, atau sumber lainnya.
Di samping itu terdapat sidebar untuk menampilkan posting blog Anda yang paling populer (yakni yang paling banyak dilihat atau dikomentari) yang memberi tahu pelanggan tentang Anda. Kehadiran sidebar, membuat pembaca tidak perlu menggali halaman konten untuk menemukan postingan satu persatu.
Pada bagian bawah terdapat footer (bagian kaki) memuat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Setiap aspek yang ada pada struktur blog sangat berperan penting dalam memudahkan para pengunjung situs untuk melakukan navigasi dan mencari konten yang mereka sukai.
Sebagai web yang bersifat personal, blog sangat fleksibel. Pengguna blog atau yang disebut dengan blogger dapat melakukan perubahan, modfikasi, atau melakukan update konten blog secara mandiri tanpa memerlukan keterlibatan admin.
Aplikasi blog ada yang berbayar dan gratis. blog berbayar adalah blog yang menggunakan layanan hosting berbayar dengan nama domain dapat ditentukan sendiri oleh penggunanya. Blog berbayar memberikan kebebasan dan aturan sepenuhnya di tangan pemiliknya. Blognya tidak lagi harus mengikuti aturan dan kebijakan pihak lain. Penggunanya memiliki otoritas penuh atas web / blog sendiri.
Blog berbayar tampil lebih profesional, kredibel dan dipercaya, memiliki ooritas penuh, dilengkapi dengan webmail (email khusus dengan nama domain sendiri).
Sedangkan blog gratis merupakan blog yang benar-benar tidak berbayar. Bagi pemula blog gratis dapat dimanfaatkan untuk belajar. Sejumlah situs yang menyediakan blog gratis yaitu, Blogger.com atau Blogspot.com (milik Google), Tumblr.com, Typepad.com, Weebly.com, Wix.com, Blog.com, atau WordPress.com.
Blog gratis memiliki kelemahan-kelemahan shingga sangat tidak disarankan bagi pengguna profesional. Berikut kelemahan blog gratis
Pertama, penggunanya tidak punya kontrol terhadap blognya sendiri. Artinya, sewaktu-waktu blog itu dapat dihapus karena dianggap melanggar peraturan (yang baru saja mereka buat). Akibatnya, konten yang sudah dibangun dapat hilang dalam sekjap. Sudah banyak orang yang mengalami hal ini.
Ke dua, Fitur blog terbatas sehingga pengguna hanya bisa memakai fasilitas yang diberikan, tidak bisa menambah fitur/fasilitas yang mungkin dibutuhkan kegiatan penggunanya. Hal ini membuat blog sulit dikembangkan.
Ke tiga, Jika anda profesional alamat blog akan terkesan murahan karena pakai alamat blog gratis. Kalaupun bisa memakai nama domain yang umum seperti .com atau .net, biasanya domain dijual jauh lebih mahal dari harga normal.
Bagaimana blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran? Blog tidak hanya dapat membuat penggunanya membuat narasi tetapi juga gambar, video.
Blog sebagai media pembelajaran sangat efektif. Anda dapat membuat dan mendesain rencana pembelajaran, modul ajar, dan atau menggunakan blog sebagai alat evaluasi pembelajaran. Blog memungkinkan guru membuat kombinasi dengan media lain cukup dengan menyertakan link.
Kelebihan blog sama dengan media pembelajaran online. Siswa dapat mengakses materi yang dituangkan dalam blog dari mana saja dan kapan saja.
Blog dapat dimodifikasi sedemikian rupa dengan menggunakan pilihan tema bawaan atau default. Blogger juga dapat menggunakan tema sendiri, misalnya dengan menggunakan gambar koleksi pribadinya.
Pada blog yang dirancang untuk mempublis hal yang bersifat umum, biasanya blogger membuat pengelompokan berdasarkan aspek-aspek yang diinginkan, misalnya, ekonomi, politik, hukum, humaniora, dan sebagainya.
Blog sebagai media pembelajaran dapat diatur sedemikian sehingga materi dapat dikelompokkan sesuai dengan tema atau mata pelajaran. Caranya cukup dengan menekan tombol label pada beranda draft blogg dan menulis kategori yang diinginkan.
Dengan membuat label pengelompokan pengunjung akan dapat memilih materi sesuai kebutuhan.
Sebagai media pembelajaran blog dapat dimanfaatkan sebagai ruang maya untuk mengirimkan tugas-tugas kepada siswa. Untuk menjawab siswa dapat menjawab pada blog masing-masing dan megirimkan linknya ke group. Siswa dapat saling berkunjung dalam blog temannya atau blogwalking. Blog yang dirancang dengan baik akan menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Lombok timur, 18 Januari 2023
Wah ada pak yamin teman Kompasiana nih
BalasHapusterima kasih pak sudah berkenan menyimak dan buat resume. Semoga kita terus bisa berbagi
Bagua reaumwnya
BalasHapusBagus resumenya dilanjut ya pak
BalasHapuskenapa materi dari narasumber tidak di masukkan dalam resumenya pak?
BalasHapusTulisannya sih bukan tampilan layaknya anak kota
BalasHapusJika berkenan mampir di
https://ragungps.blogspot.com/2023/01/bisakah-blog-sebagai-media-pembelajaran.html
kerennnn resumenya
BalasHapusMantap juga isi blognya....menambah pengetahuan
BalasHapusSemangat nulis bersama
BalasHapus