Rabu, 22 Februari 2023

Pemasaran Buku (Pertemuan ke-20)

Judul : Pemasaran Buk

Resume ke : 20

Gelombang : 28

Tanggal : 22 Februari 2023

Tema : Menulis untuk Meraih Prestasi

Narasumber : Agus Subardana, SE,. M.M

Moderator : Purbaniasita, KS.S.Pd. M.M.

Setiap orang sepakat bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan. Buku juga menjadi sarana utama dalam proses pembelajaran, dan sarana  penyampaian informasi. Anak – anak sejak usia dini telah diperkenalkan pada buku. Banyak orang tua telah menyediakan buku untuk anak-anak mereka sejak usia pra-sekolah. Mereka diperkenalkan dengan buku sederhana yang ssuai dengan perkembangan usianya. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut pengembangan minat baca kepada generasi bangsa. Hal ini sangat beralasan mengingat berbagai informasi berupa ilmu pengetahuan sebagian besar bersumber dari media buku. Pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, membuka peluang usaha bagi masyarakat yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku agar tetap terus hidup dan berkembang, serta dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal diperlukan strategi pemasaran. Srategi pemasaran merupakan bagian penting bagi pengusaha, wirausaha, entrepreuner dalam menjalankan bisnisnya. 

Strategi pemasaran dalam penjualan buku melibatkan banyak faktor atau aspek dan bersifat unik. Fakta ini tampak dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Buku-buku tersebut dapat dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh buku yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI Offset. Usaha penrbitan ini telah memproduksi buku dengan 32 katagori, mulai dari buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi (novel),buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain.

Berdasarkan jenis – jenis katagori buku tersebut penerbit melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi atau kelompok jenis katagori buku yang diterbitkan. Secara umum kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berhubungan dengan beberapa kegiatan bisnis.  Hal ini memnyebabkan strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi, faktor mikro (perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat) dan faktor makro (demografi-ekonomi, teknologi-fisik, dan sosial budaya)

Sekarang ini dalam menjalankan bisnisnya, penerbit Andi Offset menjalankan bisnisnya dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut, faktor mikro dan makro. Kondisi ini disebabkan oleh status Penerbit Andi Offset sudah menjadi bagian dari industri penerbitan buku. DAlam usianya penerbit yang sudah mencapai 43 tahun dengan jumlah buku yang telah diterbitkan mencapai lebih dari 20.000 judul buku. Semua judul tersebut dikelompokkan menjadi 32 katagori.

Sejauh ini, penerbit Andi Offset menempuh jalur dua strategi pemasaran, yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat. Kedua strategi tersebut didasarkan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. 

Bagaimana prinsip kerja kedua strategi tersebut.

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line)

a. Pemasaran buku secara Online 

Wabah Covid-19, sebagaimana diketahui, telah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat. Dampak itu juga tidak pelak mempengaruhi dunia bisnis. Era pandemi itu telah mengubah strategi pemasaran dunia usaha dengan makin masivnya penggunaan teknologi digital. Dunia bisnis tidak akan mampu bertahan tanpa mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Sebelum penggunaan teknologi digital, strategi pemasaran biasanya dilakukan dengan pemasangan iklan melalui brosur dan baliho besar yang dibentangkan dimana-mana. Kini cara itu mulai ditinggalkan. Perusahaan atau penerbit lebih memilih memnggunakan pemasaran secara online. Keberadaan internet dan perkembangan teknologi yang menyertainya memberikan kemudahan dalam pemasaran hasil produksi dengan menerapkan strategi pemasaran secara digital atau digital marekting.

Pemasaran secara digital atau digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini dan paling populer, sebuah teknik memasarkan produk atau jasa yang mengandalkan media online atau internet.

Penerbit ANDI Offset menerapkan pemasaran secara digital dengan beberapa cara yaitu:

  1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
  2. Search Engine Optimization (SEO), sebuah teknik pemasaran dengan memanfaatkan website Penerbit Andi yang didesain secara menarik. Melalui website (andipublisher.com) buku-buku yang diterbiutkan itu ditawarkan secara online kepada konsumen.
  3. Search Engine Marketing (SEM), sebuah teknik pemasaran yang juga menggunakan internet. Hanya saja strategi ini berupaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website melalui hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
  4. Social media marketing, strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran sebuah brand. Penerbit Andi juga menggunakan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 

Untuk menarik perhatian dalam pemasaran secara online, juga dilakukan dengan memanfaatkan seni verbal. seperti pantun yang berisi tawaran produk. Penggunaan pantun sebagai sarana promosi jualan online juga ternyata sangat berpengaruh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Dengan pengguna sosial media yang begitu tinggi saat ini membuat pemasaran jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Sebagai pelengkap, beberapa contoh pantun pemasaran produk dapat dilampirkan sebagai berikut.

Pantun 1 :

Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :

Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3 :

Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu

5. Email Marketing, sebuah strategi marketing dengan memanfaatkan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Penawaran barang dilakukan dengan inbox

6. Instant messaging marketing atau Teknik pemasaran dengan mengirimkan pesan singkat. Pengirim pesan instan atau pengolah pesan cepat (biasanya dikenal dengan istilah IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memberi sarana prasarana pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung selang dua orang atau semakin menggunakan teks yang diketik. Banyak paltform digital menyediakan fitur ini, seperti, Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Dalam proses penjualan buku secara Online ini peserbit atau perusahaan harus terus pro-aktif melakukan promosi sehingga informasi produk secara masif dapat mencapai target pasar yang memiliki peluang secara potensial. Di sampig itu, hal ini bertujuan untuk memperluas konsumen dan menjaga kesetiaan konsumen lama.

Pemasaran juga diharapkan dapat menjaga stabilitas penjualan saat kondisi pasar lagi lesu dan mendongkrak penjualan dalam rangka meraih profit. Pemasaran juga meberikan kesempatan kepada konsumen untuk membandingkan keunggulan produk sebuah perusahaan dengan perusahaan pesaing. 

Melalui pemasaran diharapkan dapat terbentuknya citra produk dalam kesadaran konsumen bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi sebagai konsumen. Hal ini akan berdampak pada tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen terhadap produk yang dihasilkan.

Salah satu strategi pemasaran yang direncanakan Penerbit Andi adalah  menyelenggarakan Lomba Membuat Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia. Lomba tersebut akan menyediakan hadiah yang cukup menarik.

10. Pemasaran Buku melalui Komunitas

Setiap orang memiliki komunitas, perkumpulan, atau kelompok tertentu. Komunitas tersebut membuat relasi antar individu. Dalam pemasaran, komunitas dapat menjadai salah satu sasaran promosi atau penawaran. Penjualan melalui komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi. Komunitas itu bisa komunitas arisan, komunitas guru, pelajar, mahasiswa, dan lain-lain.

B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (offline).

Secara teori, makin luas sebuah perusahaan menjangkau wilayah pemasaran makin terbuka pula peluang pemasaran. Teori ini membuat sebuah perusahaan harus melakukan penetrasi pasar seluas-luasnya. Untuk keppentingan ini Penerbit Andi telah melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Sampai saat ini, Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran pads tiap kantor cabang tersebut. Inilah salah satu bentuk pemasaran buku serangan darat (offline)

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar tujuan, antara lain :

1. Toko Buku 

Pada umumnya, penerbit buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar merupakan pemasok toko buku di Indonesia. Sebagai pemasok rutin di toko buku, perlu adanya pemetaan jenis toko buku. Pemetaan itu dikelompokkan dalam menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  Hal ini dilakukan karena setiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Sebagai contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store, mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Berbeda dengan toko buku semi modern, biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko. Sedangkan toko tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.
  • Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
Perusahaan atau penerbit dapat memilih lebih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat dilakukan. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah komunikasi yang intensif dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

2.  Direct Selling (Kunjungan Langsung)

Pemasaran buku melalui direct selling ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat direct selling ini dapat bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah.
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas, industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan melibatkan tenaga penjual (sales) .

Tenaga penjual/sales tersebut memiliki tanggungjawab target sesuai maping areanya masing-masing. Tugas sales antara lain:

  • Kunjungan langsung ke setiap sekolah
  • Kunjungan langsung ke setiap kampus 
  • Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustakaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

3.  Melakukan Event–Event 

Melakukan event merupakan salah satu metode yang efektif dalam pemasaran buku. Melalui kegiatan event, promosi barang akan lebih menarik dan mengikat emosi konsumen. Event yang dapat dilakukan adalah, seperti event pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan strategi pemasaran yang dilakukan penerbit. Pemasaran menjadi bagian penting dalam rangka mencapai target penjualan. Pemasaran yang dilakukan dengan cara yang variatif, terukur, terencana, dan tepat sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan.

Lombok Timur, 22 Februari2023

2 komentar:

Teknik Promosi Buku (Pertemuan ke 28)

  Judul                         : Teknik Promosi Buku Resume ke              : 28 Gelombang            : 28 Tanggal                  : 13 Ma...